Pria Penyerang Kantor Polres Lumajang Acungkan Pisau Ternyata Alami Skizofrenia



Opini Bangsa-Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti menjelaskan kasus penyerangan pria memakai pisau yang menggegerkan kantor polres tadi pagi, Kamis (13/01/2022).


Menurut dia, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 08.00 WIB setelah anggota polres selesai menggelar apel pagi. Saat itu, kata dia, usai apel pintu pagar polres dibuka agar masyarakat bisa masuk untuk pelayanan publik.


Pelaku berinisial R warga Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir itu datang bersama kerumunan warga. Ia segera berlari ke tengah lapangan sambil berteriak-teriak dan mengacungkan pisau dapur.


"Tidak ada yang diserang. Yang besangkutan tidak mencoba menyerang atau mengejar salah satu anggota kami. Hanya ngancam, berteriak, ngacung-ngacungkan pisau," kata Eka kepada wartawan.


Polisi lalu meringkusnya. Keluarga diundang ke kantor polres bersama kepala desa setempat. Dari sana diperoleh keterangan kalau R sejak kecil mengalami depresi berat alias gangguan jiwa.


"Ada surat keterangan dari puskesmas kalau yang bersangkutan itu menderita skizofrenia. Obat yang diminum rutin juga sudah diberikan akan tetapi ini ada keterlambatan sehingga muncul gejala seperti yang terjadi tadi pagi," ujarnya.


Lalu kenapa menyerang Polres? Eka mengatakan kalau R mengaku ada bisikan, ada dorongan agar ke polres. Beruntungnya R ke Polres bukan mengamuk di tempat lain.


"Kalau di Polres bisa diamankan, kalau di tempat lain bisa membahayakan," ujar Eka menambahkan.


"Setelah ini akan kita bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan rujukan ke RS Jiwa agar mendapatkan perawatan intensif agar tidak membahayakan," katanya menegaskan.[suara]

Next Post Previous Post
peristiwa