Tanda Tanya Kasus Corona Turun Drastis di India

 


Opini Bangsa - India membuat kejutan terkait angka kasus COVID-19 yang kini menurun drastis. Padahal sebelumnya negara itu menjadi negara kedua di dunia yang memiliki jumlah kasus COVID-19 tertinggi, yakni lebih dari 10,8 juta kasus.

Per Selasa (2/2), India mencatat 94 kematian dari 8.635 kasus infeksi baru. Dan dalam minggu ini, India mencapai kasus terendah dalam delapan bulan, dimana jumlah kematian turun di bawah 100 kasus - total kematian harian terkecil sejak Mei.

Dilansir dari AFP, Jumat (5/2/2021) meski kini angka menurus drastis, para ahli menyebut jumlah yang terinfeksi diperkirakan jauh lebih tinggi daripada angka resmi. Pernyataan itu didukung oleh berbagai survei negara bagian dan nasional yang mengukur antibodi untuk virus.

Penurunan ini juga diindikasi akibat terbentuknya antibodi bagi warga India. Pada Desember-Januari, survei resmi nasional di lingkungan perkotaan dan pedesaan serta petugas kesehatan menunjukkan bahwa sekitar 21,5 persen - hampir 280 juta orang - memiliki antibodi.

Para dokter di negara bagian Gujarat, Uttar Pradesh dan Andhra Pradesh, serta di kota-kota besar Delhi dan Mumbai mengatakan bahwa mereka telah melihat penurunan kasus yang signifikan di rumah sakit mereka. Di New Delhi, pemerintah mengatakan 90 persen tempat tidur khusus COVID-19 kosong.

"Sebelumnya ada daftar tunggu yang sangat panjang. Sekarang hanya 40-50 pasien yang ada di sini," kata Deven Juneja, seorang dokter di Max Smart Super Speciality Hospital pada bulan Juni 2020 lalu.

"Kami sekarang perlahan kembali ke keadaan normal untuk pelayanan, yang sempat hampir lumpuh karena tekanan kasus COVID-19," kata Sudhir Singh, juru bicara di Universitas Kedokteran King George di Lucknow, ibu kota negara bagian Uttar Pradesh.

Next Post Previous Post
internasional